Cara Ganti DNS Server Di Linux Ubuntu

Terkadang dalam berselancar di internet kita melakukan aktifitas yang memerlukan penggantian IP atau mungkin DNS server. Jika mengganti DNS server di Windows itu sangat mudah, tentunya di Linux Ubuntu atau distro turunan Ubuntu yang lain juga mudah. Hanya saja orang yang baru di sistem operasi yang open source ini terkadang dibuat bingung jika aktifitas yang dilakukan harus  berhubungan dengan terminal.

Padahal hal itu mudah-mudah saja kalau sering dilakukan/dibiasakan. Di Windows kita dimanjakan dengan tampilan GUI, dan kebanyakan dari kita juga diperkenalkan dengan sistem operasi Windows ketika pertama kali menggunakan komputer. Mungkin hal ini pula lah yang memanjakan kita yang ingin serba instan, tinggal klik, klik, ketik sedikit, klik.

Mengganti DNS Server Melalui Terminal

Sistem operasi yang free ini tidak sesederhana windows, semudah tampilan windows. Di Linux Ubuntu kita harus terbiasa dengan menggunakan terminal, dan mengeksekusi perintah dari terminal tersebut, salah satunya mengganti DNS server. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka terminal.
  2. Ketik di terminal "gksudo gedit /etc/resolv.conf" tanpa tanda petik, kemudia klik enter.
  3. Jika gksudo belum diinstall, dapat diinstall dengan perintah "sudo apt-get install gksu" dengan catatan harus terhubung dengan jaringan internet.
  4. Sebelum aplikasi gedit dijalankan akan diminta password, masukan.
  5. Setelah muncul, pada bagian paling bawah ganti "nameserver 127.0.1.1" dengan "nameserver 8.8.8.8" dan "nameserver 8.8.4.4" dibawahnya. Itu merupakan DNS Google.
  6. Save dan exit.
Berikut screenshot yang saya buat. Klik gambar untuk memperbesar
Mengganti DNS di Ubuntu
Ganti DNS di Ubuntu
Gksudo digunakan untuk menjalankan aplikasi GUI dengan root. Jika SUDO adalah untuk CLI, maka GKSUDO adalah untuk GUI. Gedit adalah aplikasi GUI, maka lebih baik menggunakan GKSUDO. Semoga bermanfaat.