Shutdown Otomatis Dengan Timer Di Ubuntu

Shutdown otomatis dengan timer
Ubuntu Logo

Shutdown Melalui Terminal Ubuntu

Sebenarnya shutdown secara otomatis yang maksudnya itu menggunakan timer dapat dilakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah shutdown melalui terminal dan yang kedua adalah shutdown melalui aplikasi. Namun yang akan dibahas disini adalah shutdown melalui terminal.

Shutdown Otomatis di Ubuntu

Shutdown otomatis ini sangat berguna ketika kita menggunakan komputer/laptop sampai larut malam. Shutdown dengan cara yang tidak bagus dapat merusak hardware dari komputer atau laptop karena ketika shutdown yang tiba-tiba hardware juga berhenti bekerja secara tiba-tiba yang memungkinkan menyebabkan kerusakan. Apalagi jika sering terjadi.

Misalnya saja laptop yang mati secara tiba-tiba karena user tertidur dan lupa shutdown sedangkan laptop dihandle hanya dengan battery. Tentunya akan lebih aman jika laptop tersebut dimatikan dengan cara yang benar. Maka disinilah shutdown otomatis dengan timer di ubuntu sangat diperlukan.

Perintah Shutdown dengan Timer di Ubuntu

Untuk menjalankan timer shutdown dengan mudah, dapat dilakukan dengan mengetikan perintah berikut ini di terminal.
sudo shutdown -h +60
sudo shutdown -h 22:00
Atau dapat juga dengan menggunakan perintah sebagai berikut
sudo shutdown -p +60 
sudo shutdown -p 22:00
Shutdown masuk ke dalam kewenangan root, maka dari itu harus menggunakan sudo.
+60 adalah dalam satuan  menit. +60 artinya komputer akan di shutdown dalam 60 menit ke depan. Sedangkan 22:00 artinya komputer akan di shutdown pada jam 22:00 menyesuaikan jam di komputer tersebut.

-h (halt) dan -p (poweroff) memiliki fungsi yang sama, gunakan salah satu saja. Untuk membatalkan perintah shutdown otomatis tersebut, gunakan Control+C. Jangan ditutup terminal yang menjalankan perintah tersebut.

Sekian semoga bermanfaat.