Latihan Mengetik di Ubuntu Menggunakan Aplikasi Tux Typing

Latihan Mengetik

Logo Tux Typing
Logo Tux Typing
Mengetik adalah keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh seorang pengguna komputer. Bagi Anda yang pertama kali melakukan aktifitas mengetik, kemungkinan besar akan sulit mengetik dengan tidak melihat keyboard dan tombol mana yang akan ditekan. Tujuan dari latihan mengetik adalah untuk mengasah kemampuan dalam mengetik tanpa melihat keyboard dan menggunakan jari-jari semaksimal mungkin (semua jari dimanfaatkan dalam mengetik).

Sebuah aplikasi yang cukup menarik menurut saya adalah aplikasi Tux Typing di sistem operasi Linux, dalam hal ini saya menggunakan Linux Lubuntu. Lubuntu adalah versi lain dari Ubuntu namun masih sama dalam aplikasi dan perihal lain yang berkaitan dengan system, jadi jangan khawatir ini sama saja dengan tutorial di Ubuntu.

Install Tux Typing di Ubuntu

Cara menginstall aplikasi Tux Typing sangat mudah, syaratnya adalah harus terkoneksi dengan jaringan Internet. Tux Typing dapat diinstall dengan cara mengetikkan perintah di terminal sebagai berikut :
sudo apt-get install tuxtype
Jika telah selesai jalankan aplikasi dengan mengetikkan perintah berikut di terminal :
tuxtype
Atau dapat dengan cara search di dash Ubuntu "Tux Typing" tanpa tanda petik.

Secara default, aplikasi Tux Typing akan berjalan dalam fullscreen. Jika ingin aplikasi tersebut berjalan dalam tampilan window, dapat dilakukan dengan cara mengetikkan perintah berikut di terminal :
tuxtype -w
Sedangkan jika ingin kembali menggunakan fullscreen dapat menggunakan perintah berikut:
tuxtype -f

Cara Menggunakan Aplikasi Tux Typing

Aplikasi Tux Typing memiliki beberapa menu menarik diantaranya adalah edit word list, dan lesson untuk pembelajaran awal dalam mengetik. Aplikasi ini dirancang untuk berlajar sambil bermain. Ada dua menu untuk melakukan permainan kata untuk diketik, Fish Cascade dan Comet Zap.
tux typing main menu
Tux Typing Menu Utama

Menambahkan Word List

Di aplikasi Tux Typing ini ada menu option untuk Setup Languange dimana word list pun akan menyesuaikan bahasa tersebut. Namun sayangnya tidak ada bahasa Indonesia di dalamnya, maka dari itu kita perlu menambahkan word list sendiri. Cara untuk menambahkan di Tux Typing adalah sebagai berikut.
  1. Masuk menu Option > Edit Word Lists > New
  2. Ketikan nama Word List yang ingin dibuat. Misal : Indonesia. Kemudian klik OK.
  3. Tekan Enter pada nama Word List untuk menambahkan kata. Word List yang aktif akan berwarna kuning.
  4. Tekan Enter, kemudian ketikkan kata yang akan ditambahkan. Kemudian tekan Enter kembali untuk menambahkan kata selanjutnya. "Spasi" diikutkan dalam kata, jadi sebelum menuju kata selanjutnya pastikan tidak ada spasi setelah selesai menambahkan kata. Untuk menghapus, pilih kata dengan tombol arah bawah dan atas, kemudian tekan tombol backspace.
  5. Setelah selesai, tekan tombol Escape.
word list editor
Word List Editor
Setelah membuat word list yang baru, kemudian kita dapat menggunakannya dengan memilih opsi permainan Fish Cascade ataupun Comet Zap, lalu pilih tingkat kesulitan dan kemudian pilih word list yang akan dipakai.
memilih word list
Pilih Word List

Lessons di Tux Typing

Sebelum memulai memainkan Fish Cascade dan Comet Zap, anda dapat mengikut pelajaran mengetik dengan memilih menu Lessons. Di dalamnya terdapat sampai 43 basic lessons untuk dapat diikuti. Pelajaran disini maksudnya praktek menggunakan jari untuk mengetik dengan benar.
pelajaran dasar mengetik di tux typing
basic lessons tux typing
Aplikasi Tux Typing ini sangat bermanfaat bagi yang ingin belajar dan memperlancar kemampuan mengetiknya. Aplikasi ini juga cocok untuk anak-anak karena pembelajaran dikemas dalam sebuah permaninan yang cukup menarik untuk seumuran anak-anak.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.