Cara Membuat Shortcut Aplikasi Di Desktop Ubuntu Dengan Mudah

Ubuntu dan Aplikasinya


Sepengalaman saya menjelajahi dunia sistem operasi, walaupun cuma dua jenis yang saya sambangi yaitu sistem operasi Windows dan Linux, cukup besar perbedaan antara keduanya. Dari model instalasi sistem operasinya itu sendiri dan kemudian instalasi aplikasi dalam sistem operasi tersebut.

Di Linux khususnya yang saya pakai disini yaitu keluarga Ubuntu (saya memakai Lubuntu) sebagian besar aplikasi akan jauh lebih mudah diinstal jika kita terkoneksi dengan jaringan internet alias online. Jika hendak menginstal aplikasi dengan cara offline, maka banyak langkah yang harus ditempuh agar instalasi aplikasi tersebut berhasil dan sempurna.

Seperti dalam pembahasan dalam kesempatan ini, salah satu yang mencolok yaitu di Ubuntu aplikasi yang baru saja terinstal tidak langsung tersedia shortcutnya di desktop. Agak sulit menyesuaikan jika sebelumnya kita adalah seorang windows addict. Untuk menjalankan aplikasi di Ubuntu dapat menggunakan dash home kemudian ketik nama aplikasinya dan kemudian enter. Atau dapat menggunakan terminal dengan mengetik nama aplikasi dan kemudian menekan enter.

Cara Membuat Shortcut Aplikasi di Desktop Ubuntu

Ada banyak cara untuk membuat shortcut aplikasi di desktop Ubuntu, namun saya hanya akan membahas menggunakan lxshortcut. Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Install lxshortcut melalui terminal dengan perintah "sudo apt-get install lxshortcut".
  2. Kemudian misalkan ingin membuat shortcut untuk aplikasi GIMP, masukan perintah berikut "lxshortcut -o ~/Desktop/gimp"
  3. Kemudian akan muncul window file properties, masuk ke tab Desktop Entry
  4. Pada menu Command: klik Browse... lalu pilih file command-nya. Kalau bukan di bin, cobalah cari di share/applications.
  5. Jika telah selesai, icon dapat diganti dengan klik kanan icon kemudian pilih properties. Klik icon-nya kemudian pilih icon yang baru.
isi command dengan direktori aplikasi yang dikehendaki
Isi command dengan direktori aplikasi
klik icon lama dan pilih yang baru
Ubah iconnya
Sebenarnya masih banyak cara lain, silakan untuk bisa diexplore sendiri. Jika masih bingung atau penjelasan saya kurang memadai atau malah artikel saya salah silakan ditanyakan/dikonfirmasi/dibenarkan melalui komentar atau tinggalkan pesan untuk saya di contact us

Saya senang sekali jika ada yang mengoreksi jika saya salah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

1 Response to "Cara Membuat Shortcut Aplikasi Di Desktop Ubuntu Dengan Mudah"

  1. Tidaklah banyak blog di Indonesia yang berfokus ke Linux. Saya harap akang terus menulis. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete