Cara Menambahkan Menu Save For Web GIMP di Windows

Perangkat Lunak GIMP


Bagi anda dan saya dan siapa saja yang sedang bermigrasi ke sistem operasi maupun aplikasi-aplikasi yang gratis/open source, tentunya tidak asing dengan nama perangkat lunak GIMP. GIMP adalah salah satu saingan aplikasi berbayar yang biasanya digunakan oleh sebagian besar pengguna komputer terutama dengan sistem operasi Windows. Namun GIMP, seratus persen gratis.

Mensunting gambar dewasa ini adalah hal yang sangat penting bagi sebagian orang, tidak hanya untuk berbisnis editing namun bagi para blogger dan pengguna internet ber-genre lain memiliki aplikasi penyunting gambar ini merupakan kebutuhan primer.

Blogger atau siapapun anda yang bergerak di bidang internet dan menyuguhkan sebuah halaman web, membutuhkan web yang ringan untuk diload. Gambar yang anda unggah tentunya tidak dapat terlalu besar ataupun terlalu kecil ukuran filenya sehingga malah jadi buram. Pixel dapat diperkecil/dikurangi, namun gambar juga semakin tidak jelas.

Unduh Aplikasi GIMP Save For Web

GIMP secara standard tidak menyediakan menu Save For Web. Untuk mengaktifkannya, ada file tambahan yang harus dimasukkan ke salah satu folder instalasi di direktori C di Windows. Yaitu di folder plug-ins. Anda dapat memperoleh file tersebut dengan cara mengunduhnya di google drive saya. Berikut link yang dapat anda akses.
save_for_web_0.28.6_win32.zip [51 KB]
File tersebut saya peroleh dari situs www.gimpinfo.com. Extract file zip-nya dan kemudian anda akan menemukan tiga file. Tiga file itu adalah license.txt, readme.txt, dan webexport.exe. Webexport.exe lah yang anda gunakan.

Menempatkan Webexport.exe

Berikut dua langkah mudah melakukan 
  1. Setelah mendapatkan file webexport.exe, copy atau cut file itu ke folder plug-ins di C:\Program Files\GIMP 2\lib\gimp\2.0\plug-ins (Windows 7).
  2. Jika GIMP sedang berjalan, close terlebih dahulu, kemudian buka kembali.
  3. Cek menu File apakah sudah terdapat submenu Save For Web, jika belum ada silakan dicek lagi apakah penempatan file webexport.exe sudah benar.
tampilan menu save for web GIMP
Menu Save for Web...
Window save for web aplikasi GIMP
Menggunakan Save For Web GIMP
Selalu ada jalan menuju open source. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menambahkan Menu Save For Web GIMP di Windows"

Post a Comment