Cara Uninstall Program / Aplikasi di Ubuntu Melalui Terminal

ubuntu logo
logo Ubuntu

Uninstall Program / Aplikasi Ubuntu

Install dan uninstall program merupakan hal yang wajib dan pasti kita lakukan dalam mengoperasikan komputer. Karena terkadang kita membutuhkan sebuah aplikasi hanya untuk sementara kemudian tidak pernah digunakan lagi. Tujuan dari uninstall tentunya sebagian besar karena aplikasi tersebut sudah tidak diperlukan lagi. Di Windows atau di Linux semua kebutuhannya sama untuk hal install atau uninstall program / aplikasi.

Perintah uninstall program / aplikasi di Ubuntu

Tidak seperti di Windows yang hanya memerlukan beberapa klik saja untuk melakukan uninstall di sebuah aplikasi, di Ubuntu perlu untuk menuliskannya di Terminal. Walaupun ada cara lain, namun menurut saya justru CLI (Command Line Interface) lebih praktis karena hanya perlu memubuka terminal dan menuliskan perintah pendek berikut.
sudo apt-get --purge remove <nama-aplikasi>
atau jika kita menghendaki file konfigurasinya agar tidak dihapus, dengan cara berikut ini,
sudo apt-get remove <nama-aplikasi>
Misalnya saja saya ingin melakukan uninstall aplikasi GIMP, berikut ini perintahnya,
sudo apt-get --purge remove gimp
Gunakan tombol tab untuk memastikan bahwa nama aplikasi tersebut yang dimaksud. Misalkan ketika hendak uninstall google chrome. Maka ketika ketik 'goog' lalu tekan tab, jika ada beberapa pilihan maka akan ditampilkan. Namun jika ada satu maka akan langsung diteruskan menjadi seperti ini misalnya : google-chrome-stable.

Untuk mengetahui package terinstall di komputer dengan menuliskan perintah berikut ini,
dpkg --list
Proses uninstall perlu kewenangan root untuk melakukannya,

Tentunya hal mudah seperti ini akan sulit bagi pemula seperti halnya penulis. Karena penulis juga hendak berpindah ke sistem operasi yang free agar terhindar dari pembajakan sistem operasi berbayar. Dan sekalipun aplikasi-aplikasinya. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Cara Uninstall Program / Aplikasi di Ubuntu Melalui Terminal"

Post a Comment