Pengaturan IMAP dan Security Untuk Email Client di Gmail

Pengertian Email Client dan IMAP

Email client adalah aplikasi yang digunakan untuk membuka email tanpa melalui browser. Email client disini biasanya menggunakan aplikasi pihak ketiga. Misalnya saja, aplikasi Thunderbird, Microsoft Outlook. 

Di Gmail, jika email clientnya bukan dari Google itu sendiri, maka diperlukan pengaturan pengamanan khusus agar email dapat di akses menggunakan email client yang lain. Maksudnya email client google adalah seperti yang dikenal di aplikasi andorid saat ini.

Pengaturan IMAP Di Gmail

Pengturan IMAP perlu juga dilakukan di Gmail. Jika tidak, maka kita tidak dapat mengakses email Gmail menggunakan email client. Biasanya koneksi akan tertolak ketika pengaturan sudah dilakukan, dan anda akan menerima email dengan keterangan bahwa ada seseorang yang ingin mengakses email anda.

Berikut pengaturan yang harus dilakukan untuk dapat menggunakan email client.
  1. Masuk ke Gmail.
  2. Masuk ke Setelan.
  3. Kemudian pilih Aktifkan IMAP, dan klik Simpan Perubahan.
aktifkan imap
Pengaturan IMAP

Pengaturan Security Untuk Menggunakan Email Client

Jika IMAP sudah diaktifkan namun email belum dapat di akses menggunakan email client pihak ketiga, maka ada satu lagi pengaturan di bagian akun agar email client dapat diakses. Yaitu pada bagian tab Keamanan mengenai Akses untuk aplikasi kurang aman.
  1. Masuk ke menu akun.
  2. Kemudian pada bagian Kemananan, Akses untuk aplikasi kurang aman.
  3. Pilih Aktifkan.
masuk ke akun google
Akun Google

aktifkan akses aplikasi kurang aman
aktifkan akses
Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk bisa menggunakan Gmail di email client pihak ketiga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.