Cara Posting Blog Untuk Pemula di Blogger

Posting Artikel Di Blog Blogger

Sebagai pemula di blogger biasanya banyak yang merasa kebingungan ketika ia sudah mempublikasikan postingannya namun tampilan di blog-nya malah menjadi berantakan. Jika anda terbiasa membuat laporan untuk tugas kuliah atau sekolah, tentunya kerapihan keseluruhan tulisan harus diperhatikan agar tampak menarik.

Tidak berbeda pula di blog anda. Pengunjung akan merasa jauh lebih tertarik jika tulisan postingan anda terlihat rapih dan tentunya lebih enak untuk dibaca. Walaupun artikelnya menarik, jika tulisan di postingan anda kurang rapih, pengunjung bisa saja langsung meninggalkan blog anda walaupun baru saja tiba.

Usahakan Tidak Copy-Paste dari Ms. Word

Jika anda menulis artikel anda melalui Ms. Word atau aplikasi lain yang mengandung fasilitas edit teks (seperti bold, justify, background color, teks color, dll) lebih baik tidak langsung melakukan copy paste pada editor blog. Namun coba hilangkan semua format tersebut dengan cara copy paste di Notepad. Setelah itu lakukan kembali copy paste dari Notepad ke editor di blogger.

Namun, anda dapat menambahkan symbol-symbol unik yang diambil dari manapun untuk di copy dan di paste di editor.

Cara Posting di Blogger untuk Pemula

Untuk lebih memperjelas bagaimana cara menggunakan fasilitas di editor blogger, perhatikan gambar berikut ini (klik gambar untuk memperbesar).
Fasilitas editor di blogger
Fasilitas editor di blogger
Berikut penjelasan dari gambar pertama di atas.

1. Compose dan HTML. HTML adalah bahasa pemrograman web dasar, dan menggunakan kode-kode tambahan misalnya untuk membuat paragraf menjadi rata tengah, menggunakan text color, dan sebagainya. Sedangkan Compose, kita dapat melakukan editing di tulisan postingan dengan hanya memilih menu yang tersedia dengan sekali klik tanpa harus menambahkan kode-kode tambahan. Jika anda benar-benar pemula, pastikan menu Compose aktif dengan cara klik pada tulisan Compose tersebut.

2. Undo Redo. Fungsi ini mirip dengan Undo Redo di Ms. Word. Undo untuk mengembalikan kembali tulisan ke action sebelumnya sedangkan Redo berfungsi sebaliknya.

3. Insert Image, Insert Video, Insert Jump Break. Insert Image fungsinya yaitu jika kita hendak menambahkan file gambar di dalam postingan. Caranya adalah klik icon tersebut dan masukan gambar dengan cara Upload atau ambil dari gallery google plus anda atau dari postingan blog sebelumnnya.
Insert Video fungsinya yaitu jika kita hendak memasukkan video ke dalam postingan. Video ini dapat diupload, atau diambil dari akun youtube kita.
Insert Jump Break fungsinya yaitu untuk membuat "Read More" secara manual. Artikel akan di ringkas jika kita berada di "home" suatu blog. Ketika di klik Read More maka kita akan diantarkan ke URL artikel lengkapnya.

4. Quote, Remove Formatting, Check Spelling. Quote akan saya bahas di bagian bawah postingan ini. Remove formatting berfungsi untuk menghapus format teks postingan. Check spelling berfungsi untuk mengecek ejaan per-kata jika kemungkinan ada ejaan yang salah. Namun ini biasanya hanya berfungsi untuk teks berbahasa inggris. Untuk melakukan tiga menu diatas, block terlebih dahulu teks/paragraph-nya kemudian klik menu-nya.

5. Setelan Entri.  Ini akan saya bahas segera di bawah ini.

Menu-menu di Setelan Entri

Perhatikan gambar berikut (klik gambar untuk memperbesar).
menu setelan entri
Menu setelan entri
Dari gambar diatas dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Label. Label adalah pengelompokan jenis artikel yang dibuat. Seperti misalnya artikel berita diberi label Berita, artikel mengenai games diberi label Games, dan lain sebagainya.

2. Tanggal. Postingan dapat kita atur waktu untuk mempublikasikannya dengan menggunakan menu ini.

3. Tautan Permanen. Tautan permanen adalah menu untuk menentukan url seperti yang kita inginkan. Pada defaultnya URL mengikuti Judul Postingan. Misalnya saja postingan dengan judul "Cara Posting Blog" akan ter-creat URL "http://namablog.blogspot.com/2015/02/cara-posting-blog.html". Dengan menggunakan menu ini kita dapat mengubah ekor dari URL tersebut.

5. Deskripsi Penelusuran. Menu ini berguna untuk optimasi SEO (search engine optimization). Yaitu Garis Besar postingan yang dibuat. Ketika pengguna internet mencari kata kunci yang sesuai dengan kata kunci postingan anda, maka di mesin pencari (seperti google.com) akan ditampilkan pilihan anda. Silakan pelajari SEO lebih lanjut bagi anda yang ingin benar-benar mengoptimasi blog agar ramai pengunjung.

5. Lokasi. Masukan lokasi jika memang diperlukan.

6. Pilihan. Di menu ini kita dapat mengatur apakah pembaca dapat memberikan komentar atau tidak, menunjukkan html secara telanjang, atau pilihan enter atau menggukan tag <br> untuk baris baru.

Menu-menu Lain di Editor Blogger

Perhatikan gambar berikut ini (klik gambar untuk memperbesar).
Menu-menu di editor blogger
Menu-menu di editor blogger
Dari gambar diatas dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Jenis Font. Menu ini berfungsi untuk mengubah jenis font yang ingin digunakan. Caranya, block semua kata yang ingin diubah jenis font-nya, klik menu-nya, dan pilih font sesuai keinginan anda.

2. Ukuran Font. Menu ini berfungsi untuk mengubah ukuran font. Caranya, block semua kata yang ingin diubah ukuran font-nya, klik menu-nya, dan pilih ukuran yang dikehendaki.

3. Format Teks. Menu ini digunakan untuk menandai judul. Dalam sebuah artikel tentunya ada judul-judul tertentu yang lain formatnya dari tubuh artikel itu sendiri. Ada 4 jenis format teks, yaitu Heading, Sub heading, Minor heading, dan Normal teks. Caranya, block kata yang dijadikan judul, klik menu-nya, dan pilih jenis format teks-nya.

4. Bold, Italic, Underline, dan Strikethrough. Caranya, block semua kata yang ingin diubah, pilih salah satu menu-nya.

5. Warna Teks dan Background Warna Teks. Caranya, block kata yang ingin diberi warna atau background warna, klik menu-nya, dan pilih warnanya.

6. Link. Link digunakan untuk mengarahkan pembaca ke website lain atau dapat juga ke baris lain dalam sebuah artikel jika link tersebut diklik. Caranya, block kata yang ingin dijadikan link, klik menu-nya, kemudian isi web address dengan URL yang akan dituju.

7. Numbered List dan Bullet List. Menu ini berfungsi untuk memberikan penomoran (numbered list) atau penanda list (bullet list) untuk list yang kita tulis. Caranya, block list yang akan diberi numbering atau bullet, klik menu-nya.
Tidak boleh ada spasi satu enter antar list.

Menu Rata Teks

Menu ini termasuk menu yang penting menurut saya karena ini sangat berpengaruh terlihat rapih atau tidaknya artikel kita di blog. Klik gambar untuk memperbesar.
rata teks
Rata Teks
Caranya adalah block semua kata/paragrap yang ingin diubah rata teks-nya, klik menu-nya, dan pilih jenis rata teks-nya.

Menu Image Properties

Menu ini juga sangat penting untuk SEO. Berfungsi untuk kata kunci pencarian gambar. Berisi boks isian title text dan alt text. Title text adalah ketika mouse menunjuk gambar di postingan akan muncul teks yang kita masukan di menu title text tersebut. Alt text adalah ketika gambar tidak muncul karena suatu masalah, misalnya server dimana gambar tersebut disimpan mati, akan muncul teks yang kita masukan di alt text tersebut. Klik gambar untuk memperbesar.
image properties
Image Properties
Caranya, klik gambar yang telah di upload di editor postingan, kemudian pada menu mengambang yang muncul pilih properties untuk mengisi title text dan alt text. Dan gambar juga dapat diberi keterangan di bawahnya dengan memberikan caption. Caranya sama, yaitu klik gambar yang dimaksud, kemudian pilih menu add caption pada menu yang mengambang yang muncul.

Menu Quote

Menu ini berfungsi untuk meng-highlight teks yang dianggap penting di artikel. Sehingga pada tampilan blog, teks yang diberi quote tersebut akan berbeda dari teks yang lainnya. Perhatikan gambar berikut. Klik gambar untuk memperbesar.
menu quote
menu quote
Caranya, block kalimat yang ingin diberi quote dan klik menu quote tersebut. Tampilan quote pada artikel yang telah dipublikasikan berbeda dari blog yang satu dengan yang lainnya. Tergantung dari script yang diberikan di blog tersebut. Untuk mengubahnya, kita harus mengotak-atik html blog pada menu setelan blog. Silakan dieksplore sendiri untuk masalah ini.

Sekian saja apa yang dapat saya share kepada pembaca. Jika banyak kekurangan mohon untuk dapat menghubungi saya melalui fasilitas Contact Us di blog ini. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung.

0 Response to "Cara Posting Blog Untuk Pemula di Blogger"

Post a Comment